Iklan

Senator Nawardi Tawarkan Penerapan Nilai Pancasila Pada Siswa Millenial

narran
Selasa, 28 Maret 2023 | Maret 28, 2023 WIB Last Updated 2023-03-28T06:07:41Z
mpr ri, pancasila, empat pilar
(Foto: Istimewa)
NARRAN.ID, NASIONAL - Anggota MPR RI, Ahmad Nawardi, menggelar sosialisasi empat pilar bersama siswa siswi MAN 1 kabupaten Blitar. Agenda pemasyarakatan pilar kebangsaan ini diikuti ratusan siswa MAN 1 Blitar di kecamatan Kanigoro (27/03/2023).


Melalui kegiatan MPR RI ini, Nawardi menegaskan kepada generasi milenial saat ini yang sedang berada di tengah derasnya arus globalisasi barat. Menurut anggota DPD RI dua periode itu, nilai-nilai Pancasila seharusnya sudah terpatri dalam jiwa dan akal generasi milanial saat ini. Namun, nilai Pancasila sudah mulai terkikis salah satunya karena gempuran globalisasi.

Sebagai aktifis 98, Cak Nawardi, sapaan akrabnya, menguraikan cara menerapkan Pancasila sebagai pandangan hidup berbangsa dan bernegara bagi generasi milenial adalah dengan menerapkan Pancasila sebagai tuntunan dalam kehidupan sehari-hari. Artinya, nilai yang terkandung dalam Pancasila menjadi kunci dalam mengatur tingkah laku dan sikap masyarakat.

“Seluruh masyarakat Indonesia terutama generasi milenial harus mengetahui bahwa mereka hidup di suatu negara yang beragam dalam berbagai aspek kehidupan dan Pancasila sebagai ideologi yang benar-benar harus dipahami dan diterapkan dalam kehidupan sehari-hari”, pungkas Nawardi. Sebab, lanjutnya, tantangan yang mengancam keutuhan bangsa ini tidak hanya datang dari luar namun dari dalam juga. Terangnya kepada peserta sosialisasi.

Kalimat penutup dari Senator asal Madura itu adalah, hal pertama yang harus dilakukan untuk memperkuat karakter generasi bangsa yaitu dengan memberikan pondasi pendidikan dan penting untuk memberikan pemahaman yang kuat tentang 4 Pilar Kebangsaan yaitu Pancasila, UUD 45, NKRI, dan Bhinneka Tunggal Ika.(Red) 

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Senator Nawardi Tawarkan Penerapan Nilai Pancasila Pada Siswa Millenial

Trending Now

Iklan

iklan