Iklan

Cak Nawardi: Tawuran Pelajar Bertentangan dengan Pancasila

narran
Rabu, 14 Juni 2023 | Juni 14, 2023 WIB Last Updated 2023-06-25T11:22:51Z

pemuda, dpd ri, nawardi, senator, madura
(Foto: Istimewa)
NARRAN.ID, DAERA - Ahmad Nawardi menggelar Sosialisasi Empat Pilar Kebangsaan bersama siswa Madrasah Aliyah Sirojut Tholibin di Kecamatan Sutojayan Kabupaten Blitar. Agenda tersebut dihadiri ratusan peserta yang terdiri dari guru-guru dan siswa (17/05/2023).

Pada kesempatan itu, Senator Nawardi mengajak seluruh peserta guru dan siswa agar meredam kenakalan remaja dalam bentuk tawuran antar pelajar. Dirinya menjelaskan bahwa perlaku seperti tawuran antar pelajar bertentangan dengan Pancasila.

Anggota DPD RI dua periode itu juga menyebutkan bahwa banyak sekali nila-nilai dari Pancasila yang dapat kita terapkan di lingkungan sekolah. Sehingga, Nawardi berharap agar guru, orang tua, dan siswa memahami bahwa tawuran pelajar bertentangan dengan Pancasila.

“Sila ke-3 tentang tawuran antar pelajar dan contoh dari nilai yang terkandung dalam sila ke-3 adalah nilai persatuan. Nilai ini terkandung dalam sila ke-3 yang berbunyi persatuan Indonesia di mana dari sila ke-3 ini sudah memiliki nilai yang tertuju pada persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia”, terangnya kepada peserta.

Mengakhiri agenda sosialisasi empat pilar kebangsaan, aktifis asal Madura itu mengingatkan kepada seperta, sebagai warga Indonesia harus memliki sifat persatuan. Menurutnya, jika tidak punya rasa persatuan, maka akan mudah terjadi perselisihan dan terpicuhnya konflik. Termasuk juga menjadi sebab terjadinya tawuran antar pelajar adalah kurangnya pemahaman Pancasila khususnya sila ke-3.(Red/Rls)

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Cak Nawardi: Tawuran Pelajar Bertentangan dengan Pancasila

Trending Now

Iklan

iklan