Iklan

Senator Nawardi Ajak Generasi Milenial Mereaktualisasikan Nilai-Nilai Pancasila

narran
Senin, 03 Juli 2023 | Juli 03, 2023 WIB Last Updated 2023-07-10T07:36:33Z

mpr ri, milenial, dpd ri
(Foto: Istimewa)
NARRAN.ID, NASIONAL - Anggota MPR RI, Ahmad Nawardi, melaksanakan sosialisasi empat pilar kebangsaan bersama siswa Madrasah Aliyah Syekh Subakir di Kecamatan Nglegok Kabupaten Blitar. Agenda MPR RI diikuti peserta yang terdiri dari jajaran guru dan siswa MA Syekh Subakir (03-07-2023).

Nawardi mengemukakan pemahamannya tentang Pancasila bahwa generasi millenial dengan segenap keunggulan ilmu pengetahuan dan teknologi di eranya, boleh jadi menghasilkan karya-karya kreatif dan inovatif terbaru. Namun, menurut anggota DPD RI dua periode itu, di saat bersamaan mereka mengalami krisis makna mengenai pandangan hidup berbangsa dan bernegara. 

“Di sinilah negara perlu berperan dalam mengatasi permasalahan krisis makna atas pandangan hidup berbangsa dan bernegara saat ini.  Diperlukan suatu langkah untuk membawa kembali bangsa Indonesia khususnya generasi milenial, berada dalam jalur falsafah Pancasila”, tegas aktifis 98 asal Madura itu.

Harapan Nawardi, nilai-nilai Pancasila seharusnya sudah terpatri dalam jiwa dan akal generasi milenial. Akan tetapi, nilai Pancasila sudah mulai terkikis, salah satunya karena gempuran globalisasi. Mantan ketua HKTI Jatim itu juga menguraikan cara menerapkan Pancasila sebagai pandangan hidup berbangsa dan bernegara bagi generasi milenial adalah dengan menerapkan Pancasila sebagai tuntunan dalam kehidupan sehari-hari. Itu artinya nilai yang terkandung dalam Pancasila menjadi kunci dalam mengatur tingkah laku dan sikap masyarakat.

“Masyarakat Indonesia harus mampu menghayati dan mengamalkan nilai-nilai kebenaran yang terkandung di dalamnya. Jika nilai kebenaran tersebut tidak diamalkan, maka Pancasila sebagai ideologi bangsa tidak lagi memiliki manfaat”, seru Nawardi menambahkan.

Menutup kegiatan sosialisasi empat pilar, Cak Nawardi mengajak untuk reaktualisasi nilai-nilai Pancasila pada generasi milenial dengan beberapa langkah, pertama melalui internalisasi nilai-nilai Pancasila ke dalam setiap bidang pelajaran pada lembaga-lembaga pendidikan baik formal dan non formal. Langkah kedua, yaitu dengan aktualisasi nilai Pancasila secara langsung dalam kehidupan sehari-hari. Langkah ketiga adalah reaktualisasi Pancasila melalui media sosial dengan Undang-Undang Informasi dan Transaksi Elektronik yang telah diterbitkan oleh pemerintah. (RS)

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Senator Nawardi Ajak Generasi Milenial Mereaktualisasikan Nilai-Nilai Pancasila

Trending Now

Iklan

iklan