Iklan

Chat GPT Mendapat Penantang Baru

narran
Kamis, 03 Agustus 2023 | Agustus 03, 2023 WIB Last Updated 2023-08-03T15:37:42Z

AI, Internet, Robot, Teknologi
Forbes Africa
NARRAN.ID, INTERMEZO - Ketika ChatGPT diluncurkan, dikatakan sebagai pembunuh Google. Ada beberapa kelebihan dari klaim ini mengingat bahwa ChatGPT telah berkembang pesat dengan lebih dari 100 juta orang menggunakannya setiap bulan. Jumlah itu pasti akan bertambah dengan dirilisnya ChatGPT 4 yang sangat canggih, dengan sejumlah fitur gila. Namun saya tidak setuju dengan klaim yang dibuat di awal posting ini, saya pikir Google akan berakhir di tangan browser berbasis AI atau browser dengan fitur AI. Memang Google baru-baru ini merilis Bard, tetapi tidak sekuat atau senyaman ketiga browser ini yang akan saya tunjukkan pada Anda di posting ini. Peramban ini berpotensi menjadi pembunuh Google. 

Pertama : YouChat atau You.com:

https://you.com/

Saya pertama kali menemukan mesin pencari ini di server Discord tempat saya berada. Dari saat saya mencoba, saya terpesona olehnya. ChatGPT dengan cepat menjadi AI chatbot yang populer terutama dengan kemampuannya yang sangat berguna untuk memprogram, menulis, dan menjawab hampir semua pertanyaan yang diajukan padanya. Namun kekurangannya adalah tidak dapat menjawab pertanyaan yang lebih baru (jika Anda menggunakan GPT 3.5) atau mengutip sumber untuk klaim yang dibuatnya. Singkatnya ChatGPT tidak bisa mengakses internet. Di sinilah You.com masuk.

Pertama kali dikembangkan pada tahun 2020 oleh dua mantan karyawan Salesforce, Bryan McCann dan Richard Socher. Mesin pencari ini memungkinkan Anda menghasilkan karya seni, mengobrol dengan asisten, memprogram, menulis, semuanya saat terhubung ke internet, tidak seperti ChatGPT. Mengambil semua fitur terbaik dari ChatGPT dan menambahkan beberapa lagi. Misalnya menggulir melalui media sosial tetapi di mesin pencari daripada menjelajahi setiap situs satu per satu. Jika Anda seorang siswa, buka tab studi di mana Anda bisa mendapatkan sumber yang sebagian besar merupakan variasi akademik.

Kedua : Phind

https://www.phind.com/

Phind adalah browser AI lain tetapi sangat berbeda dari You.com. Untuk mendemonstrasikan kemampuan Phind, saya bertanya, “Apa itu Phind?” Berikut adalah paragraf pertama dari jawabannya, “Phind adalah mesin pencari yang dioptimalkan untuk pengembang dan pertanyaan teknis yang menggunakan model bahasa AI generatif yang besar dan eksklusif untuk menjawab pertanyaan secara instan dengan penjelasan sederhana dan cuplikan kode yang relevan dari web. Ini didukung oleh model bahasa AI yang menghasilkan jawaban berdasarkan informasi dari berbagai sumber. Phind berfungsi paling baik saat Anda mengajukan pertanyaan lengkap dan mendetail, dimulai dengan "apa itu.." atau "bagaimana caranya.." dan menunjukkan topik yang menarik, seperti "..in python" atau "..using nextjs".

Jawaban ini hampir seolah-olah diberikan oleh ChatGPT, tetapi ada dua perbedaan signifikan antara ini dan ChatGPT. Pertama, Phind memiliki akses ke internet, jadi setiap kali Anda melakukan pencarian di Phind, Phind tidak hanya memberi Anda jawaban teks, tetapi juga memberi Anda daftar situs web di samping. Kedua, Phind mengutip sumber untuk semua keluarannya. Saat Anda mengajukan pertanyaan kepada ChatGPT tentang apa pun, ChatGPT tidak akan pernah mengutip satu sumber pun, bahkan saat mengajukan pertanyaan tentang informasi ilmiah, hukum, atau teknis.

Semua dalam semua Phind adalah browser yang hebat. Sempurna untuk minimalis yang menginginkan pengalaman sederhana dengan sedikit gangguan.

Ketiga : Andi

https://andisearch.com/

Dibuat oleh Jed White dan Angela Hoover pada tahun 2021 dan dipublikasikan pada tahun 2022, Andi adalah mesin pencari tetapi dengan basis chatbot. Mencari di Andi sangat menyenangkan. Beranda Phind sederhana dan mudah digunakan, tetapi beranda Andi, dalam hal situs web, nyaris indah. Saat menjalankan pencarian Andi akan memberikan jawaban dengan kutipan seperti Phind dan Youchat. Namun seperti kebanyakan waktu ketika kita menggunakan mesin pencari, kita ingin melihat beberapa situs web lain sehingga kita dapat membaca lebih banyak sumber, atau dalam kasus pemrogram dan peretas, melihat program dan file kode

Fitur yang berguna dari Andi adalah kemampuan untuk mengatur ulang tampilan situs web. Sebagian besar mesin pencari akan menampilkan daftar tautan yang panjang untuk Anda pilih. Meskipun Anda dapat melakukannya di Andi, Anda dapat mengubahnya agar situs web muncul dalam daftar dengan 2 situs berdampingan sepenuhnya, dalam tampilan penurunan harga, dll.

Browser ini hanya akan menjadi lebih maju. Jika mesin pencari lama Google, DuckDuckGo, dll, tidak meningkatkan permainan mereka, mereka akan tertinggal jauh. Menambahkan chatbot atau summerer akan segera menjadi persyaratan minimum untuk bertahan hidup. Untuk menarik browser tersebut akan membutuhkan fitur yang dimiliki You.com. (Red/ADS)

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Chat GPT Mendapat Penantang Baru

Trending Now

Iklan

iklan