Iklan

Keren, TIME Rilis 750 Nama Perusahaan Paling Berkontribusi Bagi Dunia

narran
Kamis, 14 September 2023 | September 14, 2023 WIB Last Updated 2023-09-14T08:08:41Z

TIME, SUKSE, PERUSAHAAN
Sumber: Vox
NARRAN.ID,  INTERNASIONAL - Tahukah kalian bahwa TIME dan Statista telah menyebutkan nama 750 perusahaan yang mengubah dunia. Tetapi jangan hanya fokus pada capaian besar mereka, kita harus belajar dari usaha jatuh bangun yang menjadikan mereka mendapatkan posisi saat ini.

Perusahaan Teknologi Besar mengalami tahun yang sulit, memberhentikan puluhan ribu pekerja sejak bulan Januari. Namun perusahaan teknologi terbesar di dunia juga merupakan perusahaan yang memberikan dampak terbaik bagi investor, karyawan, dan bumi.

Microsoft, Apple, Alphabet (perusahaan pemilik Google) dan Meta Platforms (sebelumnya Facebook) adalah empat perusahaan teratas dalam peringkat statistik baru dari 750 perusahaan terbaik dunia oleh Statista dan TIME, yang didasarkan pada formula pertumbuhan pendapatan, survei kepuasan karyawan, dan data lingkungan, sosial, dan tata kelola perusahaan (ESG, atau keberlanjutan) yang cermat.

Perusahaan-perusahaan teknologi memiliki kinerja yang baik, bersama dengan perusahaan TI dan konsultan Accenture serta perusahaan jasa keuangan American Express, hal ini sebagian disebabkan karena emisi karbon mereka jauh lebih rendah dibandingkan jenis perusahaan lain yang memiliki jejak fisik yang signifikan seperti maskapai penerbangan, hotel, atau produsen besar. 

Namun mereka juga mendapatkan peringkat yang baik karena sebagian besar karyawannya merasa bahagia—empat teratas mendapat nilai tertinggi dalam peringkat karyawan—dan karena mereka telah membukukan keuntungan finansial yang besar selama tiga tahun terakhir sambil tetap berkomitmen pada prinsip-prinsip tata kelola sosial seperti menurunkan emisi dan menunjuk lebih banyak perempuan ke dewan mereka.  

Microsoft, misalnya, perusahaan teratas dalam peringkat global, menghasilkan $72 miliar pada tahun fiskal terbarunya, meningkat 63% dari tahun 2020, sekaligus mengurangi emisi keseluruhan sebesar 0,5%. Dalam laporan tahunan terbarunya, perusahaan tersebut juga menyatakan bahwa rata-rata, baik ras dan etnis minoritas serta karyawan perempuan di AS memperoleh penghasilan lebih besar dibandingkan rekan-rekan mereka yang laki-laki.

“Cara saya memikirkan misi kami adalah memberdayakan setiap orang dan organisasi di planet ini untuk mencapai lebih banyak hal,” kata CEO Satya Nadella dalam wawancara dengan TIME pada Mei 2023.

Accenture, yang berbasis di Dublin, memiliki peringkat ESG tertinggi di antara perusahaan mana pun dalam daftar tersebut. Perusahaan ini telah berkomitmen untuk mencapai emisi nol bersih pada tahun 2025, dan telah mengurangi emisinya secara signifikan sejak tahun 2019. CEO-nya, Julie Sweet, adalah perempuan, begitu pula separuh dari anggota dewan direksinya. “Ini bukanlah hal yang mudah,” katanya kepada TIME pada tahun 2020 silam, tentang memajukan keberagaman gender. 

Karyawan Accenture kini 47% adalah perempuan, demikian pernyataan Accenture dalam laporan tahunan terbarunya, dan mereka bermaksud mencapai kesetaraan gender pada tahun 2025.

Peringkat tersebut menunjukkan siapa yang mendominasi tatanan ekonomi dunia, dengan perusahaan teknologi dan jasa bisnis yang bergerak cepat menggeser perusahaan manufaktur dan barang konsumen yang pernah menggerakkan perekonomian global. Perusahaan-perusahaan terbaik dunia pada tahun 2023 dapat menghasilkan banyak hal, seperti yang dilakukan nenek moyang mereka, sementara karyawan, pemegang saham, dan planet bumi juga mendapatkan keuntungan.[Red]

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Keren, TIME Rilis 750 Nama Perusahaan Paling Berkontribusi Bagi Dunia

Trending Now

Iklan

iklan